Diposkan pada campus, catatan kuliah, Technology

Mari Membangun Data Center; Konsep Infrastruktur TI

Okay jadi ceritanya ini lagi mau merancang data center nih, sebagai Anak TI ternyata banyak juga yang harus dipikirin, terus setelah membaca-baca slide kuliah dan buku saktinya dari Professor Sneve(ly) dan Slide GG (bukan girls generation) yang ditemuin di direktori rahasia Arsip Scele xD mulailah diringkas2 gimana n apa-apa aja sih yang perlu diperhatikan dalam membuat data center xD.

Infrastruktur ITJadi Data Center Itu kan termasuk ke dalam Infrastruktur, apaan sih itu infrastruktur? biar lebih jelas ternyata Infrastruktur itu semacem fasiltas atau sebuah penyedia layanan yang punya karakter sbb:

  • Pemakaian lebih luas dibanding struktur jadi semacem penyedia sesuatu buat diatasnya (jadi ruang data center itu pemakaianya luas bisa buat naro macem2 juga seperti switch router dll ato dijadiin gudang juga bisa)
  • Lebih permanen dibanding yang makenya struktur diatasnya (server bisa bergonta ganti di dalam data center tapi ruanganya nggak)
  • Terhubung dengan struktur pemakenya (ya servernya dipasang di data center na terkoneksi dengan layanan-layanan yang infrastruktur berikan)
  • Sering dianggap sebagai servis atau layanan pendukung (ya karena dia support itu server2 dll)
  • Bisa Dimiliki dan dikelola oleh pihak yg berbeda dari struktur yg didukungnya.(yg punya server sama yg punya data center beda orang, Nitip server gan server care)

Jadi Infrastruktur dalam IT itu lebih ke perangkat keras gan xD ada wujudnya nggak Gaib dan makin lama makin kecil bentuknya kek storage, processor, motherboard dlll.

Nah Permasalahan-permasalahan yang sering muncul dalam merancang Infrastruktur TI itu antara lain karena kurangnya perencanaan:

  • Ga direncanain atau dilibatin pada saat perencanaan strategi bisnis
  • Ga dilibatin pada saat perancangan aplikasi sejak awal
  • Ga punya standar, tambal sulam, disesuain ama aplikasi-aplikasi baru yang mu di deploy alias Ad-Hoc
  • Umur perangkatnya pendek, sering terjadi kecelakaan, downtime lama

Hasilnya: infrastruktur dengan kompleksitas tinggi, tidak terfokus, dengan biaya operasi dan pemeliharaan tinggi. Proses bisnis berhenti.

Solusinja

  1. Merencanakan Infrastruktur itu kudu holistic (menyeluruh)
    > mencakup seluruh perusahaan (kebutuhan-kebutuhan terkait seluruh perusahaan)
    > mencakup berbagai tingkatan struktur
  2. Mempertimbangkan kebutuhan rumah tangga Masa Depan
  3. Memaksimasi penggunaan ulang dan silang (reuse) komponen infrastruktur (termasuk infrastruktur SDM).<- hemat gan pake ulang, ga ngajarin ulang juga
  4. Memilih teknologi yang tepat
    > Menerapkan open-standards untuk menjamin interoperabilitas dan kebebasan dari keterikatan pada vendor.(standar terbuka jadi bisa pake apa aja kyk vendor, framework, protocol dll)
    > Melihat kesesuaian dengan kebutuhan bisnis dan kesiapan/kemampuan organisasi mengadopsinya.(teknologi musti sesuai ama kebutuhan dan kemampuan dana-otak-ruang,dll)
  5. Menerapkan prosedur baku dalam perencanaan dan pengelolaan infrastruktur.(apa-apa da SOP nya sob biar teratur n sesuai sama kebiasaan jadi orang lain nggak bingung)
Iklan

3 tanggapan untuk “Mari Membangun Data Center; Konsep Infrastruktur TI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s